Kamis, 20 Desember 2012

Tips Belajar Cepat



 Pengertian Belajar
Belajar bagi siswa adalah sebuah momok yang sangat menakutkan sekaligus menyenangkan karena kadang didalam proses belajar ada hal yang menyenangkan dan ada hal yang sangat tidak disukai, misalkan saja, hal yang menyenangkan saat belajar itu dalam kondisi yang menyenangkan dan dibumbui dengan berbagai humor yang menarik serta menghibur peserta didik. Tapi dibalik hal yang menyenangkan itu ada hal yang sangat ditakuti, apakah hal itu, tentunya sudah tahu semua, hal yang tidak menyenangkan adalah saat diberi penugasan dan menghadapi ujian, apalagi bagi peserta didik yang akan mendekati uas, tugasnya full banget.
Agar dak keteteran dalam mengerjakan tugas berikut ini tips- tips yang dpat digunakan agar peserta didik dapat sukses belajar dan mendapatkan nilai yang memuaskan.\

Baca buku pegangan
Bacalah buku pegangan yang diberikan oleh guru. Karena biasanya buku pegangan yang diberikan guru itu adalah materi yang akan diujikan. Sebenarnya semakin banyak sumber  bacaan yang dibaca akan semakin baik dan luas pengetahuan kita. Namun karena waktu yang terbatas, minimal membaca  hanya buku pegangan yang biasa guru gunakan. Baca juga catatan yang diberikan selama pelajaran.
Membaca dapat dikatakan cara yang paling sederhana dan paling cepat membuat mengantuk, tapi ada tekniknya agar tidak cepat mengantuk, caranya baca buku pelajaran yang kamu miliki dengan diberi banyak warna, apalagi yang warnanya hijau- hijau pokoknya yang warna daun. Mengapa warn hijau, karena warna hijau itu adalah warna yang indah dan alam.

Buat catatan singkat
Membuat catatan singkat itu perlu dan sangat membantu dalam belajar, catatan yang dibuat hendaknya yang mudah dibaca kembali, dan lebih singkat dan sederhana.

Beri tanda pada catatan singkat
Penandaan sangat diperlukan agar mempermudah kita dalam memahami dan memasukan materi ke dalam otak kita.

Jangan Belajar sistem SKS
Belajar SKS atau sistem kebut semalam, merupakan cara belajar yang salah dan lebih baik belajar jauh hari sebelumnya, karena belajar dengan SKS dapat membuat otak dan fisik kita lelah, kita terlalu memaksakan kerja otak, dan kebanyakan materi yang kita pelajari itu tidak masuk dalam otak kita atau istilahnya hilang.

Jangan menunda- nunda tugas
            Menunda tugas akan membuat banyak tugas lainnya, karena semakin kita menunda tugas semakin banyak tugas yang tertumpuk dan semakin banyak tenaga yang kita keluarkan untuk menyelesaikan tugas tersebut, Jika tugas satu dah terselesaikan lalu menyelesaikan tugas yang lain, maka tugas yang menjadi tanggungan kita dapat terselesaikan tanpa tertumpuk tugas lainnya.

Itu tadi adalah beberapa tips ringan agar kita tidak kesulitan belajar apalagi dalam menghadapi UAS yang biasanya tugasnya itu menumpuk dan banyak sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar