Kamis, 20 Desember 2012

Tips Bekerja diberbagai jenis pekerjaan



Pekerjaan adalah segala sesuatu yang dikerjakan oleh manusia dengan berbagai tujuan. Ada yang melakukan pekerjaan dengan senang, terpaksa, butuh, panggiloan jiwa dsb. Ada  juga yang melakukan pekerjaan hanya karena hobby saja. Ada juga karena melakukan pekerjaan itu sebagai tuntutan dalam hidup yakni untuk memenuhi kebutuhan hidup. Karena itu, jenis-jenis pekerjaan cukup banyak tersedia, tinggal kitanya saja untuk mendapatkannya, atau membuatnya apakah itu sesuai dengan keahlian atau tidak.
Semua orang berhak mendapatkan pekerjaan serta wajib untuk menjalaninya dengan sepenuh hati., karena jika suatu pekerjaan itu dilakukan hanya setengah-setengah saja, maka bakal terjadi ketidakseriusan bekerja. Tentunya hal seperti ini berefek bagi kondisi ekonomianya sendiri.
Jenis-Jenis Pekerjaan yang Populer
Berikut ini jenis-jenis pekerjaan yang banyak diminati dan diburu oleh semua lapisan masyarakat: 
1. Human Resource
Tenaga Human Resource dibutuhkan mengingat semakin banyak permintaan menangani urusan karyawan. Pemikiran subjektif diperlukan di dalam profesi ini. Bila tidak ditangani dengan serius, segera dan professional maka akan muncul dampak atau akibat yang tidak diinginkan apakah itu berdampak pada perusahaan ataupun pada karyawan itu sendiri.
2. Insinyur
Dari dulu sampai sekarang, menjadi insinyur merupakan suatu cita- cita yang ada hampir di semua anak Indonesia. Terlebih sekarang, dunia seakan tidak bisa lepas dari yang namanya insinyur. Kebutuhan tenaga ahli bidang teknik sangat besar, apalagi untuk pembangunan.
3. Konselor
Konselor semakin diminati, karena kebutuhan akan menangani permasalahan anak bangsa yang ada saat ini, mulai dari segi perkembangan dansebagainya. Walaupun sekarang konselor apalagi yang berada di sekolah sedng mngalami problematika akan dihapuskannya konselor di lembaga tersebut, tetapi dengan tidak adanya konselor kemungkinan besar permasalahan anak didik yang dihadapi tidak akan bisa diselesaikan dan perkembangan prestasinya di bidang akademik juga akan mengalami hambatan yang sangat berarti dan bahkan akan sangat mengganggu kedepannya. Itulah kenapa konselor itu perlu dan banyak diminati.
4. Psikolog
Psikolog saat ini dapat dikatakan sangat pouler dibandingkan dengan bidang pekerjaan lainnya, karena dalam psikologi ini membahas tentang seluk beluk mengenai ilmu kejiwaan seseorang, bagaimana kondisi kejiwaannya dsb.
5. Akuntan
Banyak perusahaan yang melakukan merger, maka hal itu menyebabkan kebutuhan pekerjaan seorang akuntan masih sangat dibutuhkan.
6. Tenaga pengajar
Dari jaman penjajah sampai kapan pun kebutuhan akan seorang pendidik masih sangat dibutuhkan. Namun tidak mudah untuk menjadi pengajar yang professional dan pengajar yang  baik adalah bagaimana membuat peserta didiknya menjadi manusia yang berguna bukan sekedar pandai, juga mempunyai sikap yang baik juga.
7. Penulis
Sekarang mulai banyak yang meminati pekerjaan seorang penulis. Menjadi seorang penulis sebenarnya bukan sepenuhnya pekerjaan, karena mereka menulis dengan hati. Bila tidak disertai oleh hati tidak akan bisa menjadi penulis profesional.
Penulis tentu saja di awali dari kesukaan untuk menulis. maka sekarang sudah banyak penulis yang menjadikan menulis yang awalnya adalah hobby menjadi sebuah pekerjaan yang dapat menghasilkan.

Tips Sukses dalam Bekerja
Setelah dipaparkan mengani jenis pekerjaan yang singkat dan contohnya hanya sedikit, maka selanjutnya yang akan dibahas mengenai tips sukses dalam bekerja. Meski tidak semua tips itu mencangkup semua pekerjaan yang ada, Dari sekian banyak tips minimal ada beberapa tips yang harus ditanamkan dalam diri untuk sukses dan berhasil.
  • Memiliki Kejujuran dan Integritas Tinggi  
Kejujuran adalah modal utama yang seharusnya dimiliki oleh semua pekerja, karena dengan adanya kejujuran itu, maka semua pekerjaan yang akan mendatangkan suatu berkah dan kebermanfaatan serta hasil yang baik untuk pekerja itu sendiri.
Intregritas perlu dimiliki untuk menjadikan suatu pekerjaan yang ditekuni itu sangat besar serta bermanfaat pada kehidupan diri sendiri serta orang lain.
  • Memiliki Kesabaran
Kesabaran itu adalah hal yang wajib dimiliki oleh siapa saja dan semua orang yang bekerja dijenis-jenis pekerjaan yang disebutkan di atas. Biasanya, orang yang tidak memiliki kesabaran adalah tipe orang yang bekerja terlalu banyak menuntut. Padahal, bukannya perusahaan atau pemilik pekerjaan tidak memahami kondisi Anda, namun bisa jadi pendapatan yang didapat belum mampu memberikan apa yang Anda tuntut.
.
  • Memiliki ketabahan
Apapun jenis pekerjaan yang dpilih, maka dituntut agar tidak mudah menyerah, apakah itu dalam menghadapi persoalan atau masalah dalam pekerjaaan. Orang yang tabah tidak pernah bergantung kepada orang lain, karena memiliki kekuatan dengan potensi positif yang tertanam di dalam dirinya, yang tidak mudah dipengaruhi oleh siapa pun.
  • Siap Menerima Perubahan
Dari semua jenis-jenis pekerjaan yang disebutkan, tentutan perubahan dalam bekerja kerap terjadi. Maka agar Anda bisa bekerja dengan nyaman, maka harus bersiap-siap jika terjadi perubahan.
Tentunya, perubahan yang terjadi awalnya memang sedikit menyulitkan Anda. Namun yakinlah, setelah Anda terbiasa menjalani bakal akan mengalami kemudahan seperti pekerjaan yang Anda kerjakan sekarang.
Jadilah Pekerja yang ‘Ngotot’ dan Tidak Cepat Puas
Dari semua jenis pekerjaan yang ada, semuanya dituntut untuk ‘ngotot’ harus bisa menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan deadline batas waktu yang telah diberikan. Maka dari itu, jika pekerjaan sudah menanti, maka bersegeralah bekerja, dan bekerjalah dengan serius dan fokus.
Karena dengan begitu maka hal tersebut akan menghantarkan pada keberhasilan dan kesuksesan pada pekerjaan yang digeluti., lalu menjadi orang yang profesional di bidang masing- masing. Jika sudah profesional, akhirnya bakal banyak dibutuhkan orang lain. Inilah efek ‘ngotot’ di dalam menekuni pekerjaan yang dilakukan.
Maka dari dalam bekerja dan bekerja dipekerjaan apapun hendaknya sikap seperti itu yang harus dimiliki oleh semua orang untuk sikses dan bermanfaat bagi yang lannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar