Kamis, 20 Desember 2012

Metode Pembelajaran Penentu Prestasi Belajar


Perubahan dalam pendidikan perlu dilakukan, untuk memeperbaiki citra dan kualitas pendidikan itu sendiri, tidak heran banyak sekali muncul metode- metode pendidikan yang mutakhir dan dikembangkan agar lebih baik lagi, serta untuk meningkatkan prestasi yang ada saat ini menjadi lebih baik.
Kualitas pendidikan itu juga tergantung dengan metode, maka dengan metode yang baik, diharapkan guru dapat menguasainya, dengan dikuasainya permasalahan yang menyangkut dengan prestasi siswa itu tentunya tidak ada.
Lalu apa metode pembelajaran itu?
Metode pembelajaran itu adalah teknik yang diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran dikarena proses pembelajaran itu merupakan proses transfer ilmu dari guru ke anak didik dan untuk hal tersebut harus ada teknik khusus agar efektif. Jika metode pembelajaran yang kita terapkan tepat, maka hasil pembelajaran jelas maksimal.
Metode yang tepat akan menyebabkan anak didik merasa nyaman dan dapat berkonsentrasi pada saat proses belajar. Mereka merasa ada kesinergisan antara proses di luar dan di dalam dirinya. Hal ini menyebabkan anak didik lebih konsen mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran.
Metode pembelajaran adalah langkah efektif yang diterapkan oleh guru dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran agar didapatkan hasil pembelajaran maksimal. Dengan metode pembelajaran ini, maka guru berharap anak didik dapat tidak terpecah konsentrasinya oleh pengaruh dari luar.
Metode pembelajaran itu banyak sekali contohnya seperti
1.      Tanya jawab
2.      Diskusi
3.      Brainstorming
4.      Ceramah / ekspositori
5.      Problem Solving dsb.

Tergantung metode mana yang akan digunakan, dan bagaimana menggunkannya, maka dengan penggunaan yang efektif dan efisisen dapat menjadikan proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal, dan murid yang tadinya menginkan agar cepat selesai menjadi tidak ingin selesai atau istilah teknisnya kecanduan belajar.
http://www.anneahira.com/pengaruh-metode-pembelajaran-terhadap-prestasi-belajar.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar