Kamis, 20 Desember 2012

MENGENALI GAYA BELAJAR



“Belajar”, sejak kapan kalian mendengar dan mengenal istilah itu? Pernahkah kalian berpikir, sejak kapan kalian mengalami proses belajar? Sejak dini ataukah baru sekarang? Yupz, tentu saja. Jangankan sejak dini, sejak dalam kandungan Ibu saja kalian juga sudah mengalami proses belajar. Dalam kandungan seorang Ibu, bayi yang ada didalamnya pada awalnya masih belum bisa bergerak, namun lama kelamaan ketika umur bayi sekitar 7,  8 atau 9 bulan bayi dapat memutar tubuhnya dari posisi bawah ke atas ataupun sebaliknya dan menggerakkan beberapa anggota tubuhnya dalam kandungan seorang Ibu.  Terutama saat di sekolah, disanalah kita banyak melakukan proses belajar yang juga sebagai kegiatan paling pokok dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah. Dari situ dapat dilihat, hal ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada kalian lho sebagai seorang pelajar bagaimana proses dan cara belajar yang sudah kalian lakukan. Sebelum kita membahas mengenai macam-macam gaya belajar tersebut dan mengenali gaya belajar kalian, pasti kalian mempunyai pertanyaan juga kan mengenai apa sih definisi/pengertian belajar yang sebenarnya itu? Yupz, kalian tak perlu khawatir, berikut ini akan dibahas mengenai pengertian belajar, cara mengenali gaya belajar, dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan belajar yang efektif. Ok guys, let’s check it out..!! ^_^
1.      Pengertian belajar
Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
Manifestasi perilaku belajar tampak dalam kebiasaan, keterampilan, pengamatan, berfikir asosiatif dan daya ingat, berfikir rasional dan kritis, sikap, inhibisi (menghindari hal-hal yang mubazir). Belajar dapat dikatakan efisien apabila hasil yang dicapai/diperoleh seimbang dengan usaha belajar yang dilakukan. Disini terdapat unsur rencana, ketepatgunaan serta kemanjuran pendekatan dan metode belajar serta waktu atau lama belajar yang digunakan.

2.      Mengenali gaya belajar
Memilih dan mengaplikasikan pendekatan dan metode belajar untuk mencapai efektivitas belajar. Kalian perlu mengetahui gaya belajar kalian. Berikut ini akan dikemukakan oleh Bobbi De Porter dan kawan-kawan yang akan membantu kalian untuk mempermudah mengenali dan menemukan gaya belajar yang kalian lakukan. Di bawah ini adalah beberapa gaya belajar yang perlu kalian ketahui yaitu sebagai berikut:
a.       Gaya Belajar Kinestetik
-          Mudah belajar jika dibantu dengan alat peraga
-          Belajar dengan menghapal sambil berjalan atau memberi tanda pada   poin penting catatan sangat membantu.
-          Karena lebih sering melakukan sesuatu dengan bahasa tubuh dari pada kata-kata, maka ketika membaca akan lebih konsentrasi jika jari-jari tangan ikut membantu menunjukkan kata yang sedang dibaca.
-          Duduk terlalu lama atau diam di tempat dapat mengakibatkan kebosanan  atau borring, maka dengan memperbaharui suasana tempat belajar, membuat makin lebih semangat menyerap pelajaran.
b.      Gaya Belajar Auditorial
-          Senang bicara sendiri ketika bekerja, maka ketika menghapal akan lebih ingat (masuk dalam memori) jika menghapalnya dengan suara keras.
-          Mudah mengingat apa yang dipelajari, jika dibacakan oleh orang lain atau mendengar materi pelajaran melalui alat perekam.
-          Belajar dengar mendengarkan musik atau ditengah orang ngobrol adalah usaha yang sia-sia, karena apa yang dipelajari tidak akan tersimpan di otak.
c.       Gaya Belajar Visual
-          Menyukai kerapian dan keteraturan
-          Mampu membuat rencana jangka pendek dengan baik dan akan merasa kesulitan jika materi yang akan dipelajari tidak terencana dan terangkum dengan rapi
-          Teliti dan sangat mementingkan penampilan, misalnya jangan coba-coba meminjam buku catatan yang ’jorok’, maka dengan seketika akan kehilangan mood membacanya
-          Belajar yang paling efektif bagi oranng yang bertipe ini adalah jika materi pelajaran menggunakan perangkat grafis, film, slide, gambar ilustrasi, catatan dll.
-          Tekun dan mudah konsentrsi, sehingga mampu belajar diiringi dengan musik atau ada suara bising.
-          Sulit mengingat informasi yang disampaikan lewat lisan, maka buku catatan sebagai pengingat penting yang harus disiapkan

3.      Mengembangkan Kebiasaan-kebiasaan Belajar Efektif
Belajar itu melibatkan perubahan. Perubahan yang terjadi ketika belajar mempunyai aspek arahan (arah cita-cita kehidupan/memperkuat arah belajar). Perubahan yang terjadi antara lain dalam hal pengetahuan, perasaan, dan tingkah laku/perbuatan. Bila perubahan-perubahan tersebut sangat diharapkan, maka belajar akan menjadikan suatu kebiasaan dan merupakan suatu kebutuhan.
Cara efektif dalam menyerap informasi secara cepat, antara lain 1) membaca keseluruhan terlebih dahulu, baru kemudian mempelajari bagian-bagiannya,  2) membuat ringkasan, 3) belajar harus dapat mengambil suatu kesimpulan dan dilakukan dengan penuh perhatian, 4) Dalam belajar 2 x 4 akan lebih baik daripada 4 x 2 (4 kali belajar selama 2 jam akan lebih baik hasilnya jika dibandingkan dengan 2 kali belajar selama 4 jam), 5) dilakukan secara rutin dan berkesinambungan.
Sedangkan, metode belajar yang baik untuk dikembangkan yakni 1) usahakan untuk membaca buku pelajaran terlebih dahulu di rumah mengenai materi pelajaran yang akan diterangkan oleh guru di sekolah, 2) bila guru menerangkan di kelas, konsentrasikan diri dan usahakan untuk dapat menangkap isi keterangan yang diberikan, 3) buatlah catatan secukupnya atau ringkasan tentang apa-apa yang sudah diterangkan guru, 4) secara keseluruhan ketika membaca dan menghafal dari buku-buku pelajaran, baik buku paket ataupun buku catatan yang sudah kita buat, dengan mendengarkan penjelasan guru secara seksama, 5) mengerjakan atau menjawab soal-soal pada pertanyaa-pertanyaan yang biasanya pada setiap akhir bab pada buku paket ada pertanyaan atau soal-soal, 6) membentuk kelompok belajar, cara ini sangat penting untuk membahas dan memecahkan soal-soal yang tidak dapat dikerjakan sendirian, 7) setelah dalam kerja kelompok menemui kesukaran, cobalah tanyakan pada guru, disinilah peranan dalam belajar kelompok, 8) bila pulang sekolah setelah melepaskan lelah, putarlah kembali slide yang direkam dari pelajaran sekolah, keterangan guru dari awal hingga akhir pwlajaran, 9) bila belajar sendirian, pilihlah tempat yang menyenangkan bagi kita atau buatlah ruang belajar senyaman mungkin sesuai dengan kenyamanan kita, sehingga terasa lebih betah dan tidak jenuh ketika belajar, 10) bila kita letih belajar,sedangkan yang kita pelajari belum selesai, istirahatlah sebentar dengan menghibur diri dengan hiburan yang kita gemari dengan batasan waktu yang relatif cukup.
Nah,.itu tadi adalah uraianmengenai beberapa tipe gaya belajar. Bagaimanadengan kalian?Apakahgaya belajar yang kalian lakukanada yang cenderung/condongtermasukdalam tipe gaya belajar yang sudahdiuraikandiatas? Apakah kalian sudah mengenali dan menemukan gaya belajar kalian? Semoga dengan beberapa penjelasan tadi dapat membantu kalian untuk dapat mempermudah kalian belajar dengan efektif  sebagai pelajar yang dapat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar