Kamis, 20 Desember 2012

REMAJA GAUL DAN KIAT DALAM BERGAUL




            Masa remaja, apa kalian tau apa itu masa remaja? Ya bisa dikatakan masa remaja itu adalah masa peralihan dari anak-anak ke masa dewasa. Pada masa ini, remaja banyak mengalami pertumbuhan dan perkembangan dalam segala aspek kehidupannya. Apakah kalian sudah mengalaminya? Nah,.pada masa ini, remaja dihadapkan pada berbagai tugas perkembangan yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Terutama dalam perkembangan sosial,  remaja mengalami perubahan dalam hubungan sosial yang ditandai dengan berkembangnya minat/rasa suka kepada lawan jenis. Lalu.,,kalian tau gak, kalau dalam perkembangan sosial remaja diharapkan mampu:
a.       Mempelajari keragaman interaksi sosial
b.      Menyadari nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam konteks keragaman interaksi sosial
c.       Berinteraksi dengan orang lain atas dasar kesamaan
d.      Mempelajari cara-cara membina kerjasama dan toleransi dalam pergaulan dengan teman sebaya
e.       Menghargai nilai-nilai kerjasama dan toleransi sebagai dasar untuk menjalin persahabatan dengan teman sebaya
f.       Mempererat jalinan persahabatan yang lebih akrab dengan memperhatikan norma yang berlaku
g.      Mempelajari perilaku berkolaborasi antar lawan jenis dalam kehidupan beragam
h.      Menghargai keragaman peran laki-laki atau perempuan sebagai aset kolaborasi dan keharmonisan hidup
i.        Berkolaborasi secara harmonis dengan lawan jenis dan keragaman peran.

Selain itu, dalam dunia pergaulan kita terutama bagi remaja ada juga lho etika pergaulan yang perlu kalian ketahui. Nah..berikut ini ada sepuluh etika persahabatan yang harus dijaga oleh remaja dalam pergaulan yaitu sebagai berikut:
a.       Bersikap jujur
b.      Suka berbincang tentang ide, harapan dan mimpi maupun rasa takut dan kecewa
c.       Saling mendukung untuk melakukan hal yang benar
d.      Bersikap menumbuhkembangkan rasa dipercayai dan mempercayai
e.       Membicarakan atau mendiskusikan mengenai masalah dan hal-hal yang tidak sesuai dengan kehendak hatinya
f.       Saling menjaga
g.      Saling mendengarkan
h.      Saling memberi dorongan/dukungan terutama pada masa-masa yang sulit
i.        Bersenang-senang dalam hal yang positif dan tidak berlebihan
j.        Saling menolong dan membantu

Bergaul di lingkungan manapun dan kapanpun memerlukan keterampilan khusus yang harus dimiliki oleh seseorang. Karena pada saat bergaul, tidak menutup kemungkinan terjadi perselisihan dan kesalahpahaman di samping hal-hal yang menyenangkan. Kita akan menemukan berbagai jenis perilaku yang mengenakkan dan yang tidak mengenakkan sangat  berpengaruh terhadap kenyamanan diri kita dalam lingkungan tersebut. Apalagi memasuki lingkungan baru sperti sekolah baru, organisasi baru ataupun rumah di lingkungan baru, kita harus mampu menjadi orang yang sanggup bersosialisasi dengan baik. Selain dari kiat-kiat persahabatan seperti yang telah diuraikan dui atas. Berikut ini adalah kiat-kiat pergaulan agar dapat terjalin sebuah hubungan yang baik dan harmonis terutama dalam bergaul di sebuah lingkungan baruyaitu sebagai berikut:
a.       Menebar senyum
Seperti sabda Rasul bahwa senyum itu adalah sedekah dan ibadah, maka dari itu kita mulai memasuki lingkungan baru dengan menebar senyum dengan niat tulus dan ikhlas.
b.      Menghafal nama dan memanggil teman dengan panggilan yang baik
Menghafal nama itu berguna meskipun sepele namun perlu diperhatikan juga agar tidak salah memanggil nama dan orang yang mempunyai nama tersebut merasa diperhatikan. Namun jangan sekali-kali memanggil nama orang lain dengan nama julukan yang tidak mengenakkan ataupun tidak layak untuk digunakan.
c.       Berjabat tangan ketika bertemu dan berpisah
Berjabat tangan dengan tulus itu akan dapat mempererat tali silaturahmi atau persaudaraan dan juga dapat menghilangkan rasa dendam yang pernah kita alami.
d.      Menghargai pendapat orang lain
Menghargai pendapat orang lain itu perlu agar tidak menyinggung perasaan dan membuat orang tersebut merasa dihargai akan pendapat yang telah disampaikan.
e.       Memberikan perhatian yang baik
Memberikan perhatian sekecil apapun dan dalam bentuk apapun akan dapat menambah hubungan persahabatan atau persaudaraan. Selain itu, apabila kita memberi perhatian kepada orang lain akan membuat orang tersebut merasa lebih dianggap keberadaannya.
f.       Jujur
Jujur dalam perbuatan maupun dalam perkataan akan dapat mendatangkan kebaikan.
g.      Selalu berpenampilan baik
Berpakaian bersih, rapi, dan berusaha menghilangkan aroma-aroma yang tidak enak juga perlu kita perhatikan karena kebersihan itu sebagian dari iman. Tidak ada orang lain yang tidak suka kepada orang yang berpenampilan baik dan bersih yang dapat terlihat indah jika dipandang.
h.      Percaya diri
Tidak perlu merasa rendah diri karena setiap orang diciptakan dengan segala kekurangan dan kelebihan, karena dimata Allah kita semua sama dan yang membedakan adalah ketakwaannya. Percaya diri juga cukup penting kita tumbuhkembangkan dalam lingkungan yang baru asalkan tidak berlebihan dan untuk hal yang positif.
i.        Senang menolong orang lain
Kita selalu membutuhkan pertolongan, dengan menolong orang, Allah akan memberikan pertolongan kepada hambaNya yang suka menolong sesamanya.

Demikian tadi uraian mengenai etika dan kiat-kiat dalam pergaulan agar dapat tercipta dengan baik. Bagaimana dengan kalian? Siapkah kalian untuk mencoba menerapkannya dalam pergaulan kalian? Yupz, tentu saja. Kalian perlu mencobanya dan menjadikannya sebagai langkah untuk menerapkan pergaulan yang sehat agar terhindar dari berbagai kenakalan remaja yang banyak terjadidi era globalisasi ini. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.. JJJ !!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar